PROFIL DINAS KESEHATAN KOTA LHOKSEUMAWE

Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Derajat kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas sumberdaya manusia, karena hanya dengan sumberdaya manusia yang sehat akan lebih produktif dan meningkatkan daya saing manusia serta daya saing suatu daerah.

Derajat kesehatan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu keadaan lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan keturunan. Pengaruh sangat besar adalah keadaan lingkungan yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan serta perilaku masyarakat yang merugikan kesehatan, baik masyarakat di perdesaan maupun perkotaan disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat di bidang kesehatan, ekonomi maupun teknologi.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilaksanakan kegiatan pembangunan kesehatan secara menyeluruh dan sistematis. Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan harus mampu mempertimbangkan dampak negatif maupun positif terhadap sektor kesehatan, baik individu, keluarga maupun masyarakat. Di sektor kesehatan sendiri upaya kesehatan akan lebih mengutamakan upaya-upaya preventif dan promotif yang proaktif, tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Visi Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe yaitu Menjadikan Pelayanan Kesehatan yang Profesional guna mewujudkan masyarakat Lhokseumawe yang sehat, mandiri dan berdaya saing. Sedangkan misi Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe yaitu:

  1. Meningkatkan Akses dan Mutu Upaya Kesehatan,
  2. Meningkatkan Tata Kelola dan Optimalisasi Fungsi Regulasi Bidang Kesehatan dan
  3. Meningkatkan Pergerakan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Kesehatan.

Dalam implementasi visi dan misi Dinas Kesehatan Aceh tersebut, sangat dibutuhkan adanya data dan informasi. DOWLOAD DISINI