BIAS KE SEKOLAH SEKOLAH DI LHOKSEUMAWE

APA ITU Program BIAS (BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH) , Apa saja imunisasi yang bisa diberikan??

BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakt campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks.

Program BIAS penting sekali, dikarenakan sejak anak mulai usia sekolah dasar terjadi Turunya Imun/Kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. Oleh karena itu pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar sederajat yang pelaksanaanya serentak di Indonesia dengan nama BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)

Sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1 , 2, 5 dan 6. Anak kelas 1 akan mendapatkan imunisasi MR dan DT, anak kelas 2 dan 5 akan mendapatkan imunisasi Td, sedangkan anak Perempuan kelas 5 dan 6 akan mendapatkan imunisasi HPV.

Dalam melaksanakan imunisasi pada kegiatan BIAS, sasaran yang harus dijangkau tidak hanya anak yang sekolah atau berada di satuan pendidikan tetapi juga anak usia sekolah yang tidak sekolah dengan ketentuan sebagai berikut :

No

Vaksin

 Tidak Sekolah

1

MR

Usia 7 Tahun

2

DT

Usia 7 Tahun

3

Td

Usia 8 Tahun dan 11 Tahun

4

HPV

Usia 11 Tahun dan 12 Tahun

Untui sasaran yang tidak sekolah, imunisasi dapat dilaksanakan di  puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Imunisasi juga dapat dilaksanakan di pos pelayanan imunisasi pada tempat-tempat dimana anak yang tidak sekolah berkumpul seperti rumah singgah anak jalanan, yayasan/panti asuhan, lembaga kesejahteraan sosial, panti sosial yang dikelola pemerintah maupun masyarakat, sekolah non formal, Balai Pemasyarakatan, dan sebagainya. (dinkes jogja)

Tim Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe melaksanakan BIAS ke seluruh sekolah sekolah di kota lhokseumawe, mari kita dukung kegiatan BIAS ini semoga anak-anak kita meningkat kekebalan tubuh terhadap penyakit.