Polling Website

Bagaimana Keakuratan Informasi yang tersedia ?

Artikel Terakhir

Calendar

« Oct 2022 »
M S S R K J S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online3
mod_mod_visitcounterHits99304
mod_mod_visitcounterToday243
mod_mod_visitcounterYesterday232
mod_mod_visitcounterThis week475
mod_mod_visitcounterThis month828
mod_mod_visitcounterAll days70523

MERIAHKAN HARI ANAK NASIONAL DI GUNONGAN, DINKES ACEH HADIRKAN POJOK EDUKASI GIZI


MERIAHKAN HARI ANAK NASIONAL DI GUNONGAN, DINKES ACEH HADIRKAN POJOK EDUKASI GIZI
 

Banda Aceh - Dinas kesehatan Aceh ikut memeriahkan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional, Tingkat Provinsi Aceh yang digelar di Gunongan, Taman Putroe Phang, Banda Aceh Aceh, dengan membuka Pojok Edukasi Gizi Bagi Anak dan Remaja, (Minggu, 07/08).

Pojok Edukasi Gizi ini berupa edukasi gizi pada anak dan remaja, edukasi cegah stunting dan konsumsi gizi seimbang dengan isi piringku. Juga edukasi pola asuh yang baik, pentingnya imunisasi dasar lengkap, edukasi pentingnya pemberian ASI Ekslusif dan pemberian ASI sampai usia 2 tahun. Pada anak remaja juga ada edukasi kesehatan remaja, terutama mengenai pentingnya konsumsi tablet tambah darah (TTD).

Pojok edukasi ini sasarannya adalah anak dan remaja yang hadir pada acara peringatan hari anak.

Bagikan Telur
Pada puncak peringatan hari anak nasional tingkat provinsi Aceh di stand Dinas Kesehatan Aceh juga dibagikan telur kepada pengunjung terutama anak-anak dan mengajak anak untuk mau makan telur. Telur diberikan ke anak balita, untuk memberi contoh makanan tinggi protein yang baik untuk pertumbuhan balita. Makan telur ini sangat penting untuk mencegah stunting.

Sebagaimana kita ketahui, telur merupakan salah satu sumber protein hewani selain daging, susu dan ikan. Telur merupakan bahan pangan sumber protein yang harganya sangat terjangkau.

Saat ini, telur sudah menjadi bahan makanan penting yang dibutuhkan sehari-hari. Mengkonsumsi telur sangat bermanfaat bagi manusia, karena telur mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh.

Dalam satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2. Fosfor, selenium. Vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium dan zinc.

Karena kandungan gizi yang banyak dimiliki telur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Telur mengandung asam amino penting dalam jumlah cukup. Asam amino ini, merupakan senyawa penyusun protein, yang sangat dibutuhkan untuk segala bentuk perkembangan sel-sel yang terjadi didalam tubuh.

Kandungan protein dalam telur juga dapat meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot.

Dalam satu butir telur besar, mengandung 6 gram protein, dimana terdiri dari asam amino penting dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Menarik Perhatian Pj. Bupati Aceh Jaya

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si, saat mampir ke stand dinas kesehatan Aceh tertarik dengan Cakram Edukasi Gizi Seimbang dan wadah makanan Isi Piringku yang ditampilkan di Stand Dinkes Aceh.

Kadinkes Aceh, dr. Hanif saat memberikan penjelasan kepada Dr. Nurdin mengatakan bahwa kedua benda ini bisa digunakan sebagai media edukasi pencegahan stunting. Apalagi Wadah Isi Piringku ini, sangat cocok jika diberikan ke anak sekolah, sehingga saat mereka membawa bekal ke sekolah, bisa dijadikan acuan sehingga sesuai dengan porsi makan gizi seimbang.

Secara umum, "Isi Piringku" menggambarkan porsi makan yang harus dikonsumsi dalam satu piring, dimana dalam sekali makan, wadah piring isi piringku harus diisi dengan 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Sedangkan Cakram edukasi gizi seimbang adalah alat yang praktis dan mudah digunakan untuk mengetahui status gizi dan kesehatan pada anak maupun dewasa. Cakram edukasi gizi seimbang ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi stunting secara cepat, dan bisa digunakan juga untuk mengedukasi gizi baik di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya dengan mudah dan cepat.

Sumber: Dinkes Provinsi Aceh

Berita Terkait : Berita

Copyright © 2019 - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Lhokseumawe