Polling Website

Bagaimana Keakuratan Informasi yang tersedia ?

Artikel Terakhir

Calendar

« Oct 2022 »
M S S R K J S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitor Online1
mod_mod_visitcounterHits99293
mod_mod_visitcounterToday238
mod_mod_visitcounterYesterday232
mod_mod_visitcounterThis week470
mod_mod_visitcounterThis month823
mod_mod_visitcounterAll days70518

LIMA CARA SEHAT CEGAH ANEMIA SAAT MENSTRUASI


LIMA CARA SEHAT CEGAH ANEMIA SAAT MENSTRUASI
 

Sebagian besar perempuan akan mengalami menstruasi atau datang bulan menjelang pubertasnya. Keluarnya darah selama 3-7 hari hingga perubahan hormon akan membuat kaum Hawa lebih mudah mengalami anemia (kekurangan darah).

Maka, agar kegiatan tetap berjalan lancar, Anda harus mampu mengatasi kekurangan darah selama datang bulan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Dalam hal ini, dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK selaku wakil ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia menyarankan perempuan mengikuti lima tips berikut ini:

  1. Santap sumber zat besi

Zat besi merupakan salah satu senyawa yang berkontribusi dalam membangun sel darah merah. Jadi, sebagai bentuk antisipasi, Anda harus menyiapkan makanan dengan kandungan zat besi tinggi. Antara lain daging merah, ati ayam, telur, ikan, dan lain sebagainya.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Selain sumber zat besi, sejumlah buah dan sayur dipercaya mampu membantu kaum Hawa yang sedang menghadapi haid. Jeruk dan sayuran hijau adalah salah dua jenis pangan yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan selama menstruasi berlangsung.

  1. Hindari minuman berkafein

Minuman dengan kandungan kafein tinggi seperti kopi dan minuman bersoda sebaiknya dihindari dulu saat haid. Kebiasaan makan dengan minuman berkafein rupanya akan mengurangi kemampuan tubuh dalam penyerapan zat besi yang mana berdampak pada keseimbangan sel darah merah.

  1. Minum tablet penambah darah

Suplemen bisa Anda andalkan juga kalau tidak ingin kekurangan darah. Apalagi sekarang sudah ada banyak produsen yang menyediakan tablet penambah darah. Metode tersebut akan membantu tubuh Anda untuk mendapatkan serapan zat besi yang maksimal.

  1. Terus menggerakkan tubuh

Siapa bilang perempuan tidak boleh berolahraga selama menstruasi? Justru latihan fisik akan menjaga tubuh Anda tetap sehat dan mengurangi sensasi nyeri yang biasanya dialami di awal pekan haid. Olahraga juga menjadi bagian dari pola hidup sehat. Latihan yang dapat Anda lakukan mencakup jalan kaki, jogging, hingga naik-turun tangga maupun mencuci baju.

Demikian lima tip mudah mencegah anemia selama pekan datang bulan berlangsung. Semoga Anda dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa mengalami banyak gangguan.

Sumber: Promkes Kemkes RI

Berita Terkait : Info Kesehatan

Copyright © 2019 - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Lhokseumawe